Berikut adalah beberapa tips untuk kiat sukses kuliah di Perguruan Tinggi:

1. Syukurilah bahwa anda telah diterima kuliah di Perguruan Tinggi. Begitu banyak orang atau anak muda di dunia ini yang tidak memiliki kesempatan untuk mengecap pendidikan tinggi seperti anda. Karena itu kesempatan yang anda peroleh ini jangan disia-siakan.
2. Perlu niat dan tekad yang kuat bahwa anda akan menyelesaikan kuliah anda dengan baik, dan itu sangat berarti bagi masa depan anda. Benar banyak kasus orang yang sukses sekalipun mereka tidak kuliah atau tidak menyelesaikan kuliahnya, tetapi pasti lebih banyak orang yang sukses yang sebelumnya telah menyelesaikan kuliah mereka di perguruan tinggi dengan baik.
3. Bapak saya dulu selalu bilang: “Sama-sama makan nasi, orang lain bisa, mengapa saya tidak”.
4. Anda perlu punya motivasi yang kuat, misalnya, saya dulu menguatkan motivasi untuk segera menyelesaikan kuliah saya karena saya tidak ingin membebani orang tua saya dengan biaya kuliah, saya ingin cepat dapat kerja dan membantu orang tua.
5. Carilah teman-teman yang baik yang memberi semangat anda untuk kuliah dengan baik, yang bisa diajak belajar bersama, bukan sekedar main-main atau hura-hura. Saling memotivasi dan membantu diantara teman itu penting.
6. Saya termotivasi untuk berprestasi baik di perguruan tinggi diantaranya agar mudah mendapatkan beasiswa, dan kelak agar mudah mendapatkan kerja. Dunia usaha atau lembaga pemerintah saat ini menyeleksi pelamar para sarjana salah satunya dengan nilai IPK mereka, biasanya minimal 2,75.
7. Ciptakan suasana bersaing yang sehat dengan teman, selain tentu saja suasana saling membantu. Misal, kalau anda dapat A dan teman anda dapat B, maka teman anda harus mentraktir anda !
8. Setiap hari sempatkan untuk membaca bahan kuliah, jangan ditunggu sampai menjelang ujian, apalagi kalau baru dibaca semalam sementara ujiannya besok pagi.
9. Buat strategi belajar yang baik sesuai dengan sifat perkuliahnnya. Misal, untuk menguasai kalkulus atau fisika, anda harus memahami konsepnya dengan baik dan berlatih soal-soal sesering mungkin.
10. pengalaman saya, untuk memahami suatu konsep atau teori dengan baik, baca dari beberapa referensi, dan jangan hanya mengacu dari satu referensi saja.
11. to be continued….insyaAllah

Iklan