Hari ini dari pagi hingga siang ini, saya meluangkan waktu untuk general check up di klinik ITB (BMG: Bumi Medical Ganesha), kebetulan ada jatah dari ITB. Sebetulnya seharusnya saya sudah melakukan ini pekan lalu atau sebelumnya, sesuai jadwal yang diberkan Kepala Yankes BMG, tetapi karena satu dan lain hal (alasan klasik) baru sempat sekarang.

Saya bertemu dengan beberapa rekan lain, umumnya lebih senior dari saya yang juga melakukan general check up. Semakin berumur, seseorang semakin perlu lebih rutin untuk general check up.

Untuk general check up, saya harus puasa tidak makan sejak jam 10 malam hingga diambil sampel darah pagi tadi, setelah itu baru boleh makan, dan dua jam kemudian diambil sampel darah lagi. Selain sampel darah juga diperiksa sampel urin, tensi, rontgent dan EKG (Elekto Kardiograph). Alhamdulillah semua lancar, dan tensi saya juga tadi pagi normal, i.e. 120/80, walaupun tidak dijamin akan normal seperti itu terus, tergantung makanan yang dikonsumsi dan kondisi kesehatan tubuh kita.

Bagi orang yang usianya sudah diatas 40-an, periksa kesehatan menyeluruh atau general check up ini mestinya dilakukan secara rutin, setahun sekali.