Alhamdulillah, tiga pasangan capres-cawapres yang akan bertarung dalam pilpres 2009 yad telah mendeklarasikan diri mereka masing-masing. Diawali oleh JK-Win beberapa hari sebelumnya, dua pasangan berikutnya SBY-Berbudi dan Mega-Prabowo mendeklarasikan diri pada malam yang sama, 15 Mei 2009. Kesepakatan koalisi partai-partai telah ditempuh melalui perjalanan yang cukup alot, panjang, diwarnai berbagai manuver politik, pada akhirnya mengerucut pada tiga pasangan capres dan cawapres ini. Berkenaan dengan hal tersebut, atas nama para akademisi perguruan tinggi di Indonesia yang tergabung dalam wadah ASASI, dengan ini kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada ketiga pasangan calon capres-cawapres ini atas pendeklarasian mereka dan selamat bertarung pada pilres yang akan datang. 

Ketiga pasangan tersebut, pada pandangan kami merupakan tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang dipercayai oleh konsitutennya masing-masing dan dipandang layak untuk memimpin bangsa Indonesia kedepan. Pada tiap pasang ada jenderal (purnawirawan) dan ada sipil, ini adalah perpaduan dan komposisi yang menarik yang merepresentasikan realitas kekuatan militer dan sipil di tengah masyarakat kita. Siapapun yang pada akhirnya nanti akan keluar sebagai pemenang dengan mendapatkan suara terbanyak dari rakyat, artinya pasangan tersebut mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari rakyat Indonesia, dan itu harus dihargai dan dihormati oleh pasangan lainnya dan seluruh komponen bangsa ini. 

Kita harus mensyukuri bahwa setelah memasuki era reformasi ini, bangsa kita telah menyepakati suatu mekanisme pemilihan pemimpin dengan cara yang damai yakni melalui pemilihan umum, tanpa melalui kekerasan atau revolusi berdarah . Banyak negara lain di dunia yang masih menumpahkan darah untuk terjadinya perebutan kekuasaan secara paksa, dan itu menelan banyak korban rakyat yang tak berdosa. 

Bangsa Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang beradab, bangsa yang menghargai dan menjunjung tinggi hak-hak asazi manusia, yang menghargai suara dari setiap rakyatnya, tidak membedakan agama, ras atau golongan, status ekonomi, semua harus mendapatkan haknya untuk memilih siapa yang mereka pandang layak untuk menjadi pemimpin bangsa ini lima tahun kedepan.

Karena itu kita berharap pilpres yang akan datang akan berlangsung dengan aman, jujur, fair, saling menghormati dan menghargai, tidak saling mengejek atau menjelekkan, tidak saling melakukan pembunuhan karakter pasangan lawan, tidak melakukan money politics dan perilaku tercela lainnya yang mencederai proses demokrasi yang baik. Semoga juga penyelenggara pilpres yakni KPU akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga kekurangan-kekurangan yang terjadi pada pemilihan legislatif yang lalu dapat diperbaiki. Selanjutnya kIta juga berharap bahwa pilpres yang akan datang ini akan disambut hangat dan antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia yang turut serta berpartisipasi dalam mensukseskan pilpres ini untuk turut serta menentukan masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. 

Semoga Allah swt memberikan bangsa Indonesia pemimpin yang terbaik yang akan membawa bangsa dan negara ini menuju baldatun thoyyibatun wa robbun ghafuur. 

Bandung, 15 Mei 2009.
Ketua Asosiasi Akademisi Indonesia (ASASI),
Dr. Taufikurahman.