Beberapa pertanyaan tentang eceng gondok yang masuk ke  blog ini:

> Dari Ikhsan:

assalamu’alaikum. saya ingin melakukan riset ttng eceng gondok…..yang ingin saya tanyakan adalah apakah eceng gondok dapat dijadikan bahan komposit?????dan seberapa kuatnya komposit yang di hasilkan oleh eceng gondok?????? eceng gondok itu dapat menghasilkan biogas y pak????? apakah ada senyawa lain dalam menghasilkan biogas dari eceng gondok???klo ada senyawa apa namany??? tolong y pak jawabannya Trims.

R: Buat Ikhsan, terus terang saya belum melakukan kajian tentang komposit atau biokomposit ini. Tetapi kita tahu bahwa serat eceng gondok punya kekuatan yang cukup baik dan kuat sehingga dapat digunakan untuk tikar, tas, campuran untukkertas daur ulang motif. Eceng gondok juga potensial untuk digunakan sebagai bahan pulp kertas. Akan sangat menarik untuk melihat potensi biokomposit ini. Jeoang dan Cina kalau tdk salah sdh mengembangkan komposit dari serat jagung untuk bahan ponsel.  Tahun depan katanya mereka akan release ini ke pasar.

Untuk menghasilkan biogas dari eceng gondok cukup eceng gondok basah yg sdh dipotong-potong dimasukkan ke dalam wadah misal drum untuk skala menengah atau botol galon aqua untuk skala kecil, tutup dan biarkan berlangsung proses fermentasi oleh bakteri sehingga akan dihasilkan methan. Selain methan gas lainnya CO2, O2, N2 juga. Biogas yang bagus adalah yang porsi methannya tinggi. hsil sementara penelitian saya untuk biogas ini silakan cek di abstrak dalam http://taufikurahmanitb.wordpress.com