“Takjub” adalah program tayangan TV yang dibuat oleh teman-teman BPPT berisi penjelasan dari beberapa pakar tentang fenomena-fenomena unik atau menarik yang membuat ketertakjuban kita akan keagungan Allah Swt. Setahu saya mereka telah membuat program ini sejak tiga tahun lalu, dan shooting biasanya dibuat menjelang Ramadhan sehingga acara takjub bisa ditayangkan dibeberapa TV swasta lokal dibulan ramadhan. Sebetulnya sebulan sebelum ramadhan lalu mereka sudah kontak saya untuk shoting tahun ketiga program ini, tapi karena satu dan lain hal batal, jadi baru dilaksanakan tadi di kampus.

Pada tayangan tahun pertama dulu saya bercerita tentang kompleksnya lingkungan di bumi ini, sehingga bila kita berusaha untuk membuat model interaksi dari berbagi aspek di lingkungan ini sangatlah susah dan mahal. Ilmuwan di Amerika telah mencoba memodelkan interaksi berbagai ekosistem di muka bumi ini dalam sebuah projek yang mereka namakan Biosfer 2. Kedalam bangunan besar rumah kaca dimasukkan berbagai simulasi bioma atau ekosistem di alam dengan harapan sistem miniatur alam tersebut bekerja secara sustainable sehingga kelak, ambisinya, dapat dikirim ke planet lain. kedalam rumah kaca tersebut dimasukkan beberapa ilmuwan sebagai bagian dari uji coba. Hanya beberapa hari setelah penelitian tersebut dimulai, ternyata para ilmuwan itu give up, mereka tidak bisa bertahan didalam lingkungan yang kadar oksigennya terus menurun. ternyata terjadi booming bakteri di dalam Biosfer2 yang menghabiskan persedian oksigen didalam rumah kaca tersebut.

Pada tayangan tahun kedua saya bercerita tentang pentingnya umat manusia mencari sumber makanan dari laut, mengingat produiktivitas daratan dalam menghasilkan bahan pangan semakin menurun, Ada banyak kepentingan terhadap lahan atau daratan, karena manusia membutuhkan lahan untuk perumahan, industri, jalan, dan sarana-prasarana pendukung kehidupan masyarakat lainnya, sehingga lahan untuk pertanian semakin berkurang.

Pada shooting tadi siang, ada dua materi yang hari ini mereka minta untuk saya bicarakan yaitu tentang fenomena di lingkungan dan tentang asal usul makhluk hidup. Pada materi lingkungan saya bercerita bahwa salah satu hal yang menakjubkan yang kita dapati di alam ini adalah kondisi atmosfer kita dengan komposisi gas nitrogen 78 %, sedangkan gas oksigen yang dibutuhkan oleh manusia, hewan dan tumbuhan untuk proses repirasinya hanya sebanyak 21 %. Pertanyaannya, mengapa gas yang lebih kita butuhkan yaitu oksigen porsinya lebih sedikit di atmosfer (troposfer) kita dibandingakn dengan gas nitrogen ?

Tenyata porsi oksigen yang hanya 21 % itu adalah porsi yang paling pas untukbumi, karena gas oksigen bersifat flammable, mudah terbakar, sehingga kenaikan hanya satu persen saja dari porsi tersebut, bisa menyebabkan mudahnya terjadi kebakaran diberbagai belahan bumi. Sebaliknya, gas nitrogen bersifat sangat stabil sehingga tidak mudah berubah dengan berbagai gangguan yang terjadi di atmosfer kita.