Lebaran ini saya ketemu buah jamblang di Bekasi. Ceritanya ada saudara dari Karawang yang mengirim buah tersebut untuk ibu saya .. wah saya antusias banget ketemu buah yang sudah tidak pernah saya temukan lebih dari 30 tahunan mungkin… Dulu waktu kecil saya sering makan buah jamblang ini. Kebetulan di kebun nenek saya di Bekasi ada pohonnya. Semenjak kuliah di Bandung tahun 80 hingga saat ini saya tidak pernah menemukan buah itu, barangkali karena saya tidak terlalu sering dan serius juga mencarinya. Menurut isteri saya dia pernah mlihat buah itu di pasar Cikutra, tapi gak beli karena gak tahu kalau saya kanget banget sama tuh buah. Jamblang rasanya sepet, sedikit asem. Biasanya sebelum dimakan, buah jamblang dimasukkan ke wadah terutup campur sedikit garam lalu dikocok-kocok, segeeer !

Di beberapa tempat lain jamblang disebut juga jambu keling atau duwet, spesienya Syzigium cumini, termasuk kedalam kelompok jambu-jambuan (Myrtaceae). Khasiatnya menurut beberapa literatur: obat diabetes (kencing manis) dan diare. Rasa sepetnya duwet mungkin karena ada kandungan zat kimia, flavonoid atau alkaloid yang bermanfaat.