Ramadhan hari pertama kemarin saya “meliburkan diri” menemani anak-anak yang masih SD dan SMP di rumah. Dari pagi hingga siang hari kami beres-beres dan menata interior rumah, dorong kursi, meja, lemari… alhasil, capek dech …, soalnya ternyata ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan yang memang tidak seberapa luas itu memang susah mau digimanain atau digimanakan juga🙂 Anyway akhirnya kami berhasil dengan cukup memuaskan menata ulang: diantaranya ruang komputer keluarga berpindah dari semula di ruang tamu, kini di sebelah meja makan, ini tentu saja membuat anak-anak lebih leluasa mengetik dan browsing internet tidak terganggu kalau tiba-tiba kami kedatangan tamu . Ruang tamu jadi dipenuhi dengan kursi-kursi/sofa yang memanjang dari ujung ke ujung, sehingga dua anak saya kemudian memutuskan untuk bermalam di sofa yang tersedia, katanya sih “camping” :) ternyata ibunya juga jadi tidak repot membangunkan mereka untuk sahur.

 

Saat berbuka kemarin, aktivitas tertumpu di ruang keluarga yang bersambung dengan ruang makan. Sajian ta’jil berupa sop buah blewah (wungkul), kentang dan pisang goreng, brownies Amanda dan manisan buah dari Cianjur  (wah banyak juga yah hidangannya🙂, disediakan isteri saya di ruang keluarga di atas meja lipat dengan tempat duduk seperti di warung kopi, sehingga ketika anak saya duduk dengan kaki diatas kursi saya komentari “wah … beneran seperti di warung kopi ya…” 

 

Usai menyantap ta’jil kami shalat  berjama’ah, lalu dilanjutkan makan malam berupa soto mie dan semur tahu (kayaknya gak nyambung ya…🙂 tapi karena bareng-bareng dengan seluruh anggota keluarga jadi aja seruuu !   

 

Shalat Isya dan taraweh kami lakukan di masjid “Baitunnur” Cikutra, sementara anak saya yang paling kecil: Muhammad, minta izin untuk ikutan temannya shalat taraweh di rumah tetangga kami di komplek. Alhamdulilah hari pertama Ramadhan dijalani dengan baik oleh anak-anak saya, mudah-mudahan hari-hari berikutnya juga lancar. Bagaimana dengan anda (dan keluarga) ?