Marhaban ya Ramadhan, selamat datang wahai bulan suci, bulan yang mulia, bulan yang didalamnya diturunkan AlQur’an, bulan yang didalamnya ada malam yang nilainya lebih dari seribu bulan, dan karenanya difardhukan bagi setiap Muslim untuk menjalankan ibadah shaum, sebagaimana telah diwajibkan ibadah shaum itu kepada umat-umat yang terdahulu.

Semoga Allah Swt memberikan umur, kesempatan, kesehatan lahir batin untuk kita dapat menjalankan ibadah shaum, qiyamullail, tadarus AlQur’an, i’tikaf, zakat, shadaqoh dll pada bulan Ramadhan ini, sehingga Allah Swt mengangkat derajat ketaqwaan kita ke tingkatan shalihin dan syuhada.

Mari kita perbanyak amal shaleh di bulan Ramdahan ini, berbuat kebaikan untuk sesama diantaranya dengan memberi makan kepada orang yang berpuasa pada saat ifthar tiba, bahkan memberi seteguk air saja sudah merupakan pahala. Mari kita tingkatkan solidaritas kita terhadap saudara kita yang berada dalam kondisi kekurangan dan dalam kesusahan. Bukankah Allah Swt telah begitu baik kepada kita dengan melimpahkan begitu banyak ni’mat dan karunia kepada kita. Apakah yang lebih baik dari ungkapan kesyukuran dari mendapatkan kebaikan, selain menebarkan kebaikan kepada yang lain, sebagaimana firman-Nya: “Hal jazaa’ul ihsaan illal ihsaan”.

Marhaban ya Ramadhan…