Sekarang saatnya bagi yang muda dan TRenDI untuk memimpin Bandung ! Yang sebelumnya dengan klaim “sudah berpengalaman” terbukti telah gagal memimpin kota Bandung, jadi ya..pengalaman gagal gitu dech😦

“Pengalaman” penguasa Bandung yang lalu adalah berhasil menjadikan Bandung tiga tahun berturut-turut sebagai salah satu kota terkotor di Indonesia, wah memprihatinkan sekali nasib “kota Kembang” kita ini. Hal tersebut berawal dari ketidakbecusan pemkot Bandung dalam mengelola sampah semenjak musibah Leuwi Gajah , sehingga kota ini mendapat gelaran “Bandung lautan sampah”. Parahnya alternatif yang selanjutnya mereka ajukan untuk menyelesaikan masalah sampah adalah dengan rencana untuk membangun so called “PLTSA” yang sebenarnya adalah sebuah “incinerator” alias pembakaran sampah. Kajian FS PLTSA ternyata menunjukkan biaya tipping fee yang besar 50 Milyar, biaya yang harus dikekuarkan oleh pemerintah kota untuk membayar jasa sebuah perusahaan untuk tolong membakarkan sampah kota Bandung. Uang sebesar itu kalau dibagikan ke RT-RW sekota Bandung insyaAllah cukup untuk membuat RT-RW bergerak mengelola sampah mereka sendiri dengan metoda sederhana pengomposan sampah organik dan daur ulang dan penggunaan kembali sampah anorganik !

“Pengalaman Keberhasilan” lainnya dari pemerintah kota Bandung yang lalu adalah dalam hal mengizinkan pembukaan lahan hijau di daerah lindung kawasan Bandung Utara menjadi jalan dan kawasan perumahan. Coba anda jalan-jalan ke daerah punclut sekarang, kondisinya semakin parah dan memprihatinkan ! Rusaknya ekosistem Bandung utara yang merupakan kawasan lindung akan mengancam kota Bandung dengan banjir pada saat musim hujan, karena hilangnya tegakan pohon yang meresapkan air dan menahan aliran air “run off”, dan kekeringan parah pada saat musim kemarau, karena fungsi “recharge area” kawasan Bandung utara terganggu. Kerusakan kondisi lingkungan di kawasan Bandung utara tersebut sudah tidak dapat ditolerir lagi, harus segera dihentikan !

Ayo Bandung Bangkit jangan terlena oleh tipuan dan klaim-klaim pengalaman dan keberhasilan semu pemimpin yang lalu ! Saatnya Bandung dipimpin oleh yang muda dan TReNDI yang memperhatikan dan mempedulikan rintihan kepedihan rakyat kecil dan tangisan lingkungan !

Analisis atas Pengalaman “keberhasilan” mereka lainnya… tunggu ya di edisi berikutnya.