Teriakan “HaDe, HaDe. HaDe !” itu diucapkan oleh anak-anak usia SD sambil mereka bermain. Anak saya yang kelas IV SD cerita, sehari sebelum pencoblosan anak-anak dikelasnya bikin polling siapa akan pilih calon yang mana. Dari sekitar 40an anak, 5 anak angkat tangan ketika disebut nama Da’i, lalu 5 lagi angkat tangan ketika nama Aman disebut, dan sisanya… 30an anak, dengan penuh semangat mengangkat tangan ketika nama HaDe disebut.

 

Unik sungguh Pilkada Jabar kali ini, HaDe sangat populer dikalangan anak-anak, remaja, pemuda dan ibu-ibu. Beberapa teman dosen di kampus, ibu-ibu, cerita bahwa mereka jauh-jauh hari sudah diwanti-wanti oleh anak-anak mereka yang usia SD agar nanti menyoblos “HaDe”. Seorang bilang, sebetulnya sebelum anaknya merayu dia agar memilih HaDE, dia juga memang akan nyoblos HaDe… jadi klop lah keinginan anak dengan keinginan si ibu. Ibu yang lain cerita lagi, dia bawa anaknya ke TPS dan bahkan anaknyalah yang masih kecil itu dia suruh mencoblos… dan tentu saja “HaDe”.  Lain cerita teman saya, pensiunan dosen ITB, di hari H pencoblosan paginya dia kumpulkan isteri dan dua anaknya yang sudah besar-besar, dan dia ingin mendengar apa yang akan dicoblos mereka nanti. ternyata deadlock ! karena si ayah yang ingin menggiring suara keluarganya ke calon lain, tidak berhasil, lantaran isteri dan kedua anaknya keukeuh mau pilih HaDe. Malah sang anak kemudian ngeloyor sendiri ke TPS dan pulang sambil tersenyum dengan jari kelingking tercelup tinta biru sambil bernyanyi riang: “HaDe, HaDe, HaDe…..” dan sang ayah cuma geleng-geleng kepala, lalu ikutan mencoblos HaDe juga akhirnya🙂

 

Seorang nenek cerita, ketika masuk ke bilik suara dan membuka kertas bergambar para kandidat, dia melihat dua pasangan yang sudah senior wajahnya terkesan begitu berwibawa…….. tetapi ketika dia lihat foto pasangan HaDe dengan senyum yang lebih lebar, si nenek itupun ikut tersenyum dan bles ! dicobloslah foto HaDe.

 

Ya… itulah sekelumit kisah pencoblosan beberapa waktu lalu. Hari ini, tadi pagi, KPUD Jabar telah menetapkan secara resmi pemenang pilkada Jabar yang pertama kali digelar ini yakni pasangan HaDe dengan suara 7.287.647 (40,50%). Sementara saingan terberatnya Aman berselisih 1 juta suara lebih: 6.217.557 (34,55 %), dan pasangan Da’i yang merupakan gubernur incumbent hanya memperoleh 4.490.901 (24,95 %) suara. Hasil akhir ini memang mengejutkan, diluar dugaan banyak pihak, karena sebelum pilkada digelar, polling-polling selalu menunjukkan pasangan Aman dan Da’i yang akan bersaing ketat, sementara HaDe diprediksi hanya menjadi anak bawang. Tapi rakyat Jabar bicara dan menentukan lain, justru HaDe-lah yang menang.

 

Semoga semua pihak bisa lapang dada menerima hasil Pilkada ini, terutama kubu Aman, tokh janji semua calon saat kampanye: siap menang dan siap kalah !.  Ayo buktikan janji itu. Selamat buat kubu HaDe. Semoga Jabar jadi Hade beneran yeuh kapayunna.