Hari ini kayaknya  banyak rekan-rekan dosen ITB harus bergegas datang ke ATM, untuk mengambil duit yang masih tersisa ditanggal tua ini, buat bayar kekurangan pembayaran pajak, karena hari ini terakhir harus disetorkan ke Bank. Syukur kalau masih cukup sisanya di Bank, kalau tidak…. ya terpaksa dengan berat hati mencari pinjaman pada rekan lain, apa boleh buat. Syukurnya juga buat saya yang dosen biasa ini, kekurangan pembayaran pajak yang harus saya bayar boleh dibilang tidak seberapa, ini dengan perbandingan rekan-rekan lain yang jadi pejabat, kayaknya tidak mendekati sepersepuluhnya dari kewajiban mereka. Mengapa harus membayar kekurangan pajak ? Karena selama ini institusi kami kayaknya tidak tega memotong penuh untuk pph, maklum gaji dosen sendiri masih minim, tapi akhirnya menumpuk disaat-saat terakhir pembayaran pajak ini.

Beberapa rekan-rekan dosen tampaknya cukup shock dengan realita pembayaran kekurangan pajak ini, karena angkanya bisa belasan bahkan puluhan juta rupiah, saya mendengarnya cukup fantastis. Pada satu sisi cukup bangga karena tampaknya cukup banyak kolega saya yang penghasilan bulanannya lumayan bagus sehingga potongan pajaknyapun jadi bagus juga :)  pada sisi lain ikutan empati karena mereka harus bayar sekaligus di akhir masa pembayaran pajak ini, tentu cukup bikin shock, apalagi yang sisa di tabungannya sudah minim di akhir bulan ini. Dugaan dan harapan baik saja mereka semua dapat mengatasi semua ini tanpa masalah, insyaAllah.

Pelajaran penting yang mungkin bisa ditarik disini diantaranya adalah perlunya kedisiplinan dan konsistensi dalam hal pemotongan pajak ini oleh institusi sejak awal, sehingga tidak membebani pegawai di akhir masa pembayaran pajak karena kekurangan yang harus dibayarnya banyak.   Kedua, kita harus memandang pembayaran pajak ini memang sebagai suatu kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, untuk mendukung program pembangunan yang dilakukan pemerintah. Kita berharap bahwa uang pajak kita tersebut akan digunakan dengan semestinya untuk membangun kota, sarana prasarana, membantu mengentaskan kemiskinan masyarakat, dan hal-hal bermanfaat lainnya, dan semoga tidak dikorupsi !Dengan begitu, insyaAllah, berapapun yang harus kita bayar kita akan ikhlas.

Selamat Membayar Pajak ya… semoga bisa mengangkat bangsa dan negara kita menuju kondisi yang lebih baik dimasa depan.