Meneliti adalah kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok untuk mendapatkan jawaban atas suatu pertanyaan atau solusi atas suatu permasalahan atau perencanaan.

Dalam kegiatan bisnis, melakukan penelitian biaswanya mengawali aktivitas bisnis tersebut. Orang harus meneliti line bisnis apa yang menarik, challenging, mudah dan banyak menghasilkan keuntungan. Kalau orang mau buat suatu produk untuk dipasarkan, dia harus meneliti dulu siapa yang akan membeli produknya, apakah ada captive marketnya ? berapa banyak produk tersebut nanti akan dibutuhkan masyarakat per hari atau per pekan atau perbulan atau pertahun ? dst.  Ketiadaan data kondisi pasar karena ketiadaan survey sebelumnya akan mengancam kelangsungan bisnis yang akan dijalankan tersebut dalam jangka panjang. If you fail to plan, you plan to fail.

Aktivitas meneliti, investigasi, menyelidiki biasa dilakukan oleh detektif atau polisi untuk mengetahui pelaku suatu peristiwa kejahatan misalnya. Ada kaidah-kaidah atau rumusan-rumusan yang dipegang polisi atau detektif untuk mencari pelaku suatu kejahatan, dari motif, modus operandi, dsb. Ketika disebuah tempat ditemukan sesosok mayat, yang dilakukan pertama kali adalah mencari tahu identitas korban, lalu otopsi untuk melihat apakah korban dibunuh atau bunuh diri atau kecelakaan saja. Kegiatan otopsi yang dilakukan dokter di rumah sakit jelas merupakan kegiatan penelitian untuk mengetahui apa penyebab kematian korban.

Demikian juga dalam dunia akademik, kegiatan meneliti dilakukan untuk mencari jawaban atas suatu pertanyaan, mencari solusi atas suatu permasalahan yang timbul di masyarakat dengan. Solusi itu bisa dengan produk atau bisa juga dengan konsep yang harus dijalankan untuk menyelesaikan permasalahan. 

Curiousity atau rasa keingin-tahuan merupakan hal mendasar yang dimiliki manusia sejak jaman dahulu. Orang sejak dahulu bertanya, misalnya, ada apa di bulan ? Dari bumi tampaknya seperti ada nenek-nenek (Ninik Antah, disebutnya dalam tradisi Sunda) yang sedang menjahit. Dalam tradisi lain, gambaran bulan yang terlihat dari bumi mungkin menimbulkan spekulasi, dugaan yang berbeda. Misi Apollo yang diluncurkan NASA diantareanya adalah untuk menjawab curiousity manusia akan ada apa di bulan, adakah kehidupan di sana ? Tentu saja itu bukan satu-satunya alasan, karena dibalik rasa ingin tahu, lalu orang melakukan survey, eksplorasi, orang kemudian bertanya apakah objek yang diteliti tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingannya ? Mengetahui menjadi dasar untuk menguasai. Snouck Horgronje misalnya harus menyamar sebagai seorang Muslim, belajar selama bertahun-tahun tentang Islam dan budaya Arab di Mekah sebelumnya dia kemudian diutus Belanda untuk merusak dari dalam perjuangan rakyat Aceh. Selama abad 17-18 para orientalis mempelajari negara-negara timur lengkap dengan agama, kebudayaan dan adat-istiadat nya, untuik kelak ketika mereka telah sepenuhnya memahami apa dan bagaimana orang timur itu, mereka kemudian bisa menguasai, menjajah dan mengendalikannya. Dalam perang, perlu penelitian strategi yang dilakukan musuh agar kita memenangi peperangan tersebut. Politk devide et empera misalnya, lahir dari hasil penelitian yang mendalam tentang betapa rentannya bangsa Indonesia dari pengadudombaan dan pemecah belahan.