masjid-masjid di Kayseri, Turki Share Today at 2:08pm | Edit Note | Delete

Masjid-msajid di kota Kayseri Turki umumya dibangun pada jaman Seljuk, abad 12an. Foto ini diambil 10 Juli 2009 oleh kolega saya Aminudin, a Singaporean and an IDB Officer. Ciri khas masjid jaman Seljuk yang kemudian juga diadopsi oleh Sinan (arsitek ulung jaman Utsmaniah dengan masterpiece-nya masjid Suleymeniah) adalah kubahnya yang memiliki kubah induk dan kubah-kubah anak.

Bahan bangunan yang digunakan adalah potongan-potongan batu yang besar dengan warna alamiah, mungkin sejak dulu seperti itu. Perhatikan bentuk minaret-nya, menyerupai minaret atau menara gereja. Begitulah riwayatnya, banyak yang dahulunya gereja lalu berubah menjadi masjid, dan konsep bangunan masjid sedikit banyak terpengaruh oleh bentukan2 gereja sebelumnya.

Berbeda dari eksteriornya yang redup dengan warna batu alam, Interior masjid-masjid di Kayseri umumnya meriah denagan kaligrafi diseluruh dinding dan kubahnya, serta lampu-lampu hias gantung yang sangat dominan memberikan sentuhan kemewahan. Kaca berlukisan juga mirip dengan yang ditemukan di gereka2 kuno. Perhatikan juga bentuk mihrab-nya yang sangat mirip dengan interior gereja kuno, dengan pahatan lekukan-lekukan yangi dari pandangan kejauhan membentuk sosok orang sedang berdiri.

Disebelahnya adalah mimbar bertangga dari kayu tempat khatib berkhutbah. Sayangnya waktu jum’atan saya tidak kebahagian didalam masjid, jadi tidak melihat dimana persisnya khatib berdiri di mimbar tangga tsb. Saya duga pada posisi yang paling tinggi agar tampak dari shaf paling belakang.

About these ads